Kenali sehatmu di Leeds

Selamat datang di Leeds. Kita memasuki musim gugur di sini. Dingin? Pastinya. Tidak hanya itu, kita bisa saja menemui beberapa kondisi yang mungkin sebelumnya tidak kita alami. Tidak selalu, tapi ada baiknya kita mengetahui kondisi-kondisi itu dan bagaimana menanganinya. 

  1. Mimisan.
  2. Jari-jari membengkak dan gatal.
  3. Kulit merah gatal mengelupas.
  4. Biduran, dengan atau tanpa demam.
  5. Muntah-muntah dengan atau tanpa diare.

MIMISAN

Istilah medisnya epistaksis. Pernah suatu hari saat bangun tidur di pagi hari anak saya mimisan deras sekali sampai bantal seprai kena semua, sebelumnya tak pernah seperti itu. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

  1. Janganlah panik.
  2. Dudukkan pasien dan pencet bagian hidung yang lunak (tepat di atas lubang hidung) selama 10-15 menit.
  3. Condongkan tubuh pasien agak ke depan dan bernapas lewat mulut.
  4. Letakkan es batu/bungkusan sayur beku yang dilapisi handuk di pangkal hidung.
  5. Jangan berbaring, supaya tekanan darah di pembuluh darah hidung tidak naik.

Mimisan bisa jadi sesuatu yang membuat kita merinding, apalagi yang ngga kuat melihat darah namun biasanya bukan suatu pertanda penyakit serius. Tak cuma anak kecil, orang dewasa juga bisa mengalaminya. Apa sih yang menyebabkan mimisan?

  1. Mengorek hidung.
  2. Sisih (mengeluarkan lendir dalam hidung) terlalu keras.
  3. Luka ringan pada hidung.
  4. Perubahan kelembaban dan suhu yang menyebabkan lapisan dalam hidung kering dan pecah.

Apa yang bisa kita biasakan untuk mencegah mimisan?

  1. Hindari mengorek hidung dan potong kuku jari yang panjang.
  2. Sisih secara perlahan dan jangan terlalu sering.
  3. Jaga kondisi rumah tetap lembab.
  4. Rutin oleskan petroleum jelly (misal Vaseline) di bagian dalam lubang hidung supaya tetap lembab.
  5. Baca aturan pakai obat-obat yang mengandung nasal decongestan karena jika berlebihan bisa memicu mimisan.

Kondisi-kondisi apa yang sebaiknya dirujuk untuk memanggil bantuan selengkapnya bisa dibaca di http://www.nhs.uk/conditions/Nosebleed/Pages/Introduction.aspx.

JARI-JARI MEMBENGKAK DAN GATAL

Istilah medisnya chilblains. Gejala ini meliputi sensasi terbakar, gatal yang kemudian membengkak dan berwarna merah atau biru gelap pada bagian tubuh seperti jari-jari kaki, jari tangan, tumit, telinga dan hidung. Muncul sebagai reaksi abnormal terhadap suhu dingin di lingkungan kita. Saat terpapar suhu dingin pembuluh-pembuluh darah di kulit dekat dengan permukaan akan menyempit, dan ketika terkena panas akan melebar. Jika terjadi terlalu cepat, pembuluh-pembuluh darah itu tak selalu bisa menangani aliran darah yang meningkat, sehingga bocor ke jaringan sekitar menyebabkan bengkak dan rasa gatal.
Apa yang kita lakukan jika mengalaminya ataupun mencegahnya?

  1. Olesi lotion (misal calamine) di bagian-bagian yang gatal, bisa beli bebas di Farmasi atau minta rekomendasi produk dari apotekernya.
  2. Tetap aktif, supaya meningkatkan sirkulasi tubuh. Janganlah hanya tidur-tiduran.
  3. Kenakan pakaian yang menghangatkan tubuh dan juga tangan dan kaki, perhatikan kaus kaki dan sepatu yang dipakai sesuai cuaca di luar.
  4. Hindari sepatu/boots yang terlalu ketat karena akan membatasi sirkulasi darah ke bagian kaki dan jari-jari.
  5. Melembabkan kaki secara rutin untuk menghindari kulit kering dan pecah-pecah.
  6. Hindari menggaruk bagian tubuh yang gatal secara berlebihan supaya tidak muncul luka yang bisa terinfeksi.
  7. Jaga suhu dalam rumah agar tetap hangat.

Untuk mengetahui chilblains lebih lanjut bisa baca di http://www.nhs.uk/conditions/chilblains/Pages/Introduction.aspx.

KULIT MERAH GATAL MENGELUPAS

Banyak terjadi pada bayi-bayi teman-teman kita yang lahir di sini. Istilah medisnya eczema, yang paling umum yaitu atopic eczema. Bisa menyerang bagian tubuh manapun, paling banyak yaitu tangan, bagian dalam siku, belakang lutut, muka dan kulit kepala. Penyebab utamanya masih tak diketahui, namun pastinya bukan karena satu faktor saja. Biasa juga dialami oleh orang-orang yang mempunyai reaksi alergi. Gejala actopic eczema muncul dipengaruhi oleh pemicu, misal sabun, deterjen, stress, dan cuaca.
Bagaimana menanganinya?

  1. Hindari faktor-faktor yang memicu munculnya gejala.
  2. Periksakan ke GP klinik kita mendaftar untuk mendapat obat oles yang sesuai dengan kondisi kita.

Mau baca lebih banyak? Di http://www.nhs.uk/conditions/Eczema-(atopic)/Pages/Introduction.aspx.

BIDURAN, DENGAN ATAU TANPA DEMAM

Beberapa bulan pertama di sini saya sempat dibingungkan dengan kondisi anak (yang sama dengan yang mimisan) yang mengalami gatal-gatal seluruh tubuh juga diikuti demam. Ternyata dari teman yang sudah lama tinggal di sini dan mengalami hal serupa pada anaknya mengatakan itu gejala alergi yang umum didapati di negara empat musim ini, bisa muncul beberapa episode terutama saat pergantian musim. Istilah medisnya urticaria, berupa ruam meninggi yang gatal dan memerah pada kulit, bisa muncul pada satu bagian tubuh ataupun menyebar di area yang luas.
Urticaria muncul jika terpapar faktor pemicu yang menyebabkan kadar histamin dan agen kimiawi lain yang dilepaskan di kulit meningkat, sehingga pembuluh darah melebar dan menyebabkan warna kemerahan, juga kebocoran ke jaringan sekitar yang menimbulkan bengkak dan gatal.
Histamin dilepaskan karena berbagai sebab:

  1. Reaksi alergi, misal alergi makanan, gigitan/sengatan serangga, polen tanaman.
  2. Paparan dingin/panas.
  3. Infeksi, misal flu.
  4. Obat-obatan tertentu, seperti anti inflamasi non steroid, antibiotik.

Namun, pada banyak kasus urticaria tak bisa dipastikan apa penyebabnya.
Ruam pada urticaria biasanya membaik dalam beberapa hari sehingga tak diperlukan pengobatan. Bila rasa gatal membuat tak nyaman, bisa dibantu dengan antihistamin yang dibeli bebas di Farmasi. Untuk demam yang muncul, tangani dengan perbanyak cairan dan parasetamol bila perlu.
Baca-baca di http://www.nhs.uk/Conditions/Nettle-rash/Pages/Introduction.aspx.

MUNTAH-MUNTAH, DAN ATAU TANPA DIARE

Istilahnya di sini terkena tummy bug. Menyerang di berbagai usia, terutama anak-anak yang banyak disebabkan virus, sedangkan orang dewasa karena virus musim dingin atau bakteri.

Sudah seringkali anak saya terkena, baik dengan diare atau hanya muntah-muntah. Yang paling parah saat kami sedang berlibur glamping (glamour camping alias camping di pondokan yang sudah disediakan di tempat liburan). Kala itu musim semi, tapi rasanya seperti musim dingin berkelanjutan karena anginnya kencang dingin dan hujan setiap hari. Anak pertama sakit dan setelah membaik giliran adiknya kena, dan diiringi hujan angin sang ayah harus bolak-balik menggendong anak ke kamar mandi yang terletak beberapa ratus meter dari tenda kami untuk buang air. Jika ada anak yang muntah di sekolah pun pasti segera dipulangkan, apapun penyebabnya, karena kekhawatiran tummy bug yang mudah menular, anak akan diperbolehkan kembali masuk sekolah setelah istirahat 48jam di rumah.

Penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri dan tak memerlukan pengobatan khusus. Apa yang baiknya kita lakukan, juga kepada anak kita bila terkena?

  1. Perbanyak minum untuk mengimbangi cairan yang keluar sehingga kita tidak dehidrasi.
  2. Bisa konsumsi oralit atau minuman rehidrasi lain yang bisa dibeli bebas di Farmasi.
  3. Istirahatlah di rumah, dan karena ini penyakit menular cucilah tangan secara rutin dengan air mengalir dan sabun untuk mencegah penularan ke penghuni rumah lainnya.
  4. Saat selera makan muncul, mulai dengan porsi kecil makanan yang mudah dicerna, seperti sup, nasi, roti.
  5. Minum parasetamol untuk menangani demam atau rasa nyeri jika perlu.

Kondisi seperti apa yang memerlukan tindakan lebih lanjut dan kunjungan ke dokter? Lanjutnya di http://www.nhs.uk/conditions/gastroenteritis/Pages/Introduction.aspx.

Selain kondisi-kondisi di atas, kita bisa juga terkena penyakit yang umum dialami sebelumnya seperti batuk pilek demam dengan frekuensi yang lebih sering di sini. Hidung berair dapat muncul sepanjang tahun, entah karena cuaca dingin ataupun polen-polen bunga yang banyak bertebaran. Tak ketinggalan cacar pada anak-anak.

Tak perlu resah menghadapi kondisi kesehatan yang masih asing bagi kita. Ada teman untuk bertanya, ada klinik dan rumah sakit untuk berobat, ada asuransi yang menanggung biaya.

Enjoy living in Leeds..

By Maudi Fria Andhini
Istri Firdaus Hafidz As Shidieq, Mahasiswa PhD University of
http://maudifirdaus.wixsite.com/majournal