Dokumen Keluarga untuk dibawa ke Leeds

Berikut ini daftar dokumen yang harus dibawa jika Anda berencana untuk membawa serta keluarga selama menempuh pendidikan di Inggris, khususnya di Leeds dan sekitarnya.
Selain dokumen-dokumen perjalanan (paspor, visa, dll) dan dokumen akademik sebagai syarat registrasi fisik, masih ada lagi dokumen-dokumen yang harus dibawa serta. Jadi artikel ini membahas dokumen selain dokumen perjalanan dan akademik, yaitu:

  • Catatan imunisasi anak. Jika Anda membawa serta anak untuk tinggal di Inggris, catatan imunisasi wajib dibawa karena dokumen ini akan diminta saat proses pendaftaran layanan kesehatan. Layanan kesehatan di Inggris dikelola oleh NHS (National Health Service) dan termasuk salah satu layanan kesehatan terbaik di dunia. Penyedia layanan kesehatan membutuhkan data imunisasi anak dan memastikan bahwa imunisasi yang sudah diterima telah memenuhi standar NHS. Apapun kondisi imunisasi anak, apakah lengkap atau tidak, nantinya dapat diberikan/diteruskan di Inggris secara cuma-cuma.
  • Akta kelahiran anak, dan terjemahan dalam bahasa Inggris jika tidak terdapat keterangan dalam bahasa Inggris. Meskipun dokumen ini termasuk salah satu dokumen yang wajib dibawa untuk perjalanan (diperlukan saat proses imigrasi), akta kelahiran juga dibutuhkan untuk mendaftar sekolah dan untuk mendaftar layanan kesehatan.
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) jika memiliki. SIM yang telah dimiliki di Indonesia, selama masih berlaku, dapat diakui dan digunakan di Inggris selama 1 tahun. Pastikan di SIM Anda terdapat kalimat “Driving License” karena hal ini yang dapat dikenali di Inggris. Dokumen ini bisa digunakan untuk menyewa mobil atau jika Anda berencana memiliki kendaraan bermotor selama studi. Sebagai informasi, posisi stir mobil di Inggris sama dengan di Indonesia, yaitu di sisi kanan. Terdapat perbedaan sedikit, yaitu posisi tuas wiper dan tuas untuk menyalakan lampu penanda belok (dan lampu penerangan) yang ditukar. Di Indonesia tuas wiper berada di sebelah kiri, sedangkan mobil di Inggris tuas wiper berada di sisi kanan setir. Jika Anda berencana untuk tinggal lebih dari 1 tahun, maka Anda harus membuat SIM Inggris.

Selain itu, seringkali ada keluarga yang menanyakan “Anak saya sudah sekolah di Indonesia, apakah perlu membawa surat keterangan pendidikan terakhir anak untuk bisa meneruskan sekolah di Inggris?” Jawabannya adalah tidak perlu. Untuk mendaftar sekolah, pihak sekolah hanya memerlukan dokumen berupa paspor dan akta kelahiran karena jenjang pendidikan di Inggris ditentukan oleh faktor usia anak. Pendidikan di Inggris sudah dimulai sejak anak berusia 3 (tiga) tahun dan akan masuk ke tingkat ‘nursery’ sebagai bagian dari Early Years Foundation Stage. Untuk jenjang-jenjang berikutnya dapat disimak di website resmi pemerintah Inggris.

Oleh: Guntur Kusuma