Trekking: dari Yorkshire Dales National Park hingga Leeds!

Hobi hiking dan trekking tapi bingung mau ke mana? Tenang! Dikelilingi oleh setidaknya tiga taman nasional, Leeds merupakan lokasi yang tepat bagi para pegiat aktivitas outdoor, mulai dari level pemula hingga advanced. Kali ini PPI Leeds akan berbagi informasi mengenai lokasi-lokasi hiking dan trekking yang mudah dijangkau, terutama di area Yorkshire Dales National Park, bahkan di dalam kota Leeds sendiri!

River Walk at Bolton Abbey

Lokasi trekking pertama yang dapat kita kunjungi adalah Bolton Abbey, yang merupakan bagian dari Yorkshire Dales National Park. Lokasi ini dapat dicapai dengan menggunakan DalesBus nomor 874. Sayangnya, bus ini hanya beroperasi setiap hari Minggu, jadwalnya pun hanya sekali datang sekali pulang! Jadi, mengunjungi Bolton Abbey dengan cara ngeteng harus penuh perencanaan. Bus ini akan berangkat pada pukul 09:15 dari Leeds Coach Station. Perjalanan ke Bolton Abbey akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam. Kita dapat turun di Bolton Abbey Village Car Park dan memulai perjalanan dengan mencari akses ke reruntuhan Bolton Abbey.

Puas mengagumi reruntuhan, kita dapat memutuskan, jalan-jalan level apa yang ingin kita laksanakan. Jika hanya ingin jalan-jalan santai, pengunjung bisa memulainya di sisi kiri sungai. Dari Bolton Abbey, kita akan berjalan menuju Cavendish Pavilion, masuk ke Strid Wood, hingga ke sebuah view point yang dijuluki sebagai The Strid. The Strid sendiri merupakan area di mana kanal sungai yang sempit mengakibatkan aliran air yang melewati area ini menjadi jauh lebih cepat dan membentuk air terjun mini. Bolton Abbey dan Cavendish Pavilion berjarak sekitar 1,5 km, sedangkan jarak dari Cavendish Pavilion hingga The Strid adalah sekitar 1,7 km. Tanpa mempertimbangkan waktu istirahat dan makan-makan cantik di Cavendish Pavilion, keseluruhan trek ini (total pulang-pergi 6,4 km) dapat dipenuhi dalam waktu 2 – 3 jam. Trek ini cukup landai, sehingga cocok untuk semua usia.

Trekking Gaby 01

‘The Strid’, salah satu view point di Bolton Abbey River Walk (Foto: Ben Pritchard)

Untuk yang merasa muda, beda, dan berbahaya, Bolton Abbey pun menawarkan Full River Walk yang jarak totalnya adalah sekitar 13,25 km! Dengan jarak yang lebih jauh, trek ini dapat dipenuhi dalam waktu 4,5 – 5,5 jam, puas kaan? Untuk menjalani trek ini, dari Bolton Abbey kita akan menuju ke tepi kanan River Wharfe dengan dua pilihan: jembatan biasa, atau stepping stone! Tentu jembatan biasa selalu dapat menjadi pilihan yang mudah dan ‘kering,’ namun menurut pengalaman, selalu ada rasa bangga berlebih ketika berhasil menyeberangi River Wharfe dengan berjalan di atas 60 stepping stone yang memang pernah digunakan sebagai satu-satunya akses dari satu tepi ke tepi sungai lainnya. Perjalanan yang cukup menantang lantas menanti. Kita akan melewati berbagai view point seperti Cavendish Bridge, Valley of Desolation, Aquaduct, dan istirahatlah sejenak di Barden Bridge. Usai makan siang, kita akan kembali ke tepi kiri sungai, kali ini dengan ‘kering.’ Perjalanan di tepi kiri sungai jauh lebih mudah, dan kita akan kembali menikmati view point seperti Barden Tower, The Strid, Cavendish Pavilion, dan kembali ke Bolton Abbey.

Trekking Gaby 02

Bolton Abbey dan Stepping Stones (Foto: Gabriella Alodia)

Untuk kembali ke Leeds, satu-satunya bus yang dapat kita naiki juga adalah Bus 874, yang akan tiba di Village Car Park pukul 17:20. Jadi, ukur kemampuan diri dan rencanakan perjalanan dengan baik. Jangan sampai ketinggalan bus!

DalesBus 874
https://www.arrivabus.co.uk/globalassets/documents/yorkshire-services-documents/web-timetables/874.pdf

Sundays only!
Leeds Coach Station to Bolton Abbey: depart 09:15 – arrive 10:27
Bolton Abbey to Leeds City Centre: depart 17:20 – arrive 18:30

Bolton Abbey Walking Trail
https://boltonabbey.com/your-visit/map/

 

Hiking Tracks at Ilkley Moor

Kalau merasa Bolton Abbey itu terlalu jauh, ngga ada salahnya main-main ke Ilkley Moor yang dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan Bus X84, yang berhenti di University Stop B (kisaran Parkinson Steps). Berbeda dengan Bus 874, Bus X84 ini beroperasi setiap hari! Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 1 jam, dan kita dapat turun di Ikley Bus Station.

Meski cenderung dekat, Ilkley Moor menawarkan berbagai pilihan trek, mulai dari Crawshaw Moss and Neolothic Sites (3,5 – 4,5 jam), Twelve Apostles and Beyond (2,5 – 3,5 jam), White Wells Moorland (1,5 – 2,5 jam), hingga yang termudah dan paling terkenal, Cow and Calf (1 – 2 jam). Seluruh trek dapat dilihat di situs resmi Ilkley Moor, yang juga disertakan di artikel ini. Walau terlihat cukup menantang, trek-trek di kisaran Ilkley Moor ini cenderung mudah untuk diikuti. Dengan kemampuan membaca peta yang cukup, dan sedikit bantuan dari Google Maps (hehe – red), orientasi pejalan di lapangan akan sangat mudah! Oh ya, kenal Charles Darwin, kan? Beliau sempat menghabiskan masa-masa penting dalam kehidupannya di Ilkley juga, lho.

Karena jaraknya yang cukup dekat dengan Leeds, para wisatawan seringkali memanfaatkan waktu untuk menjalani lebih dari satu jenis trek. Selain itu, Ilkley merupakan kota kecil yang cukup nyaman untuk sekedar duduk-duduk manis untuk tea time ditemani sepotong homemade cake. Jangan lupa untuk mengecek jadwal bus untuk kembali ke Leeds!

Ilkley Moor Walks
http://www.ilkleymoor.org/heritage-walks/

Ilkley Moor Snippet
https://www.youtube.com/watch?v=74lFl-sctI4

 

Leeds Canal Walk – Kirkstall Abbey to Royal Armories Museum

Merasa mager (males gerak – red) untuk jauh-jauh naik bus ke Bolton Abbey atau Ilkley Moor? Tahukah kamu bahwa Leeds memiliki Canal Walk? Kalau Kirkstall Abbey itu apa, udah tau donk ya? Nah, kita akan memulai perjalanan ini dari Kirkstall Abbey, yang dapat dijangkau dengan menggunakan Bus 56 yang berhenti di University Stop E (kisaran Parkinson Steps).

Dari Kirkstall, kita lalu lanjut mencari jalan menuju ke River Aire, yang merupakan bagian dari Leeds-Liverpool Canal. Bagaimana caranya? Google Map! Atau gunakan denah area yang terpampang di Kirkstall Abbey. Sungai yang berhulu di Malham Tarn ini akan membawa kita melewati Leeds Industrial Museum at Armley Mills hingga ke perhentian Water Taxi di Canal Wharf. Sempatkan beristirahat sejenak untuk menikmati sejarah perkembangan tekstil dan industri busana di Britania Raya lewat museum yang terletak di sebuah ‘pulau kecil’ di tengah River Aire ini. Medan perjalanan dari Kirkstall hingga Canal Wharf yang cenderung landai tanpa adanya perubahan elevasi yang signifikan membuat trek ini cocok untuk dinikmati oleh anak-anak hingga lansia. Total jarak antara Kirkstall Abbey hingga Canal Wharf adalah sekitar 6 km, sehingga total waktu tempuh tanpa mempertimbangkan waktu untuk beristirahat dan mengunjungi Industrial Museum adalah sekitar 1,5 – 2,5 jam.

Belum puas dengan Canal Walk dan Industrial Museum? Lanjutkan perjalananmu dengan mengendarai Water Taxi ke Royal Armouries Museum! Jangan ragu, sama seperti seluruh museum yang ada di Leeds, Water Taxi merupakan moda transportasi gratis yang dapat dinikmati oleh seluruh warga Leeds! Royal Armouries Museum sendiri terletak di penghujung rute Water Taxi. Museum yang menyimpan berbagai koleksi senjata dan baju perang ini merupakan salah satu atraksi yang tentunya sayang jika dilewatkan.

Kalau masih penasaran dengan pilihan-pilihan wisata outdoor lainnya, coba ikuti program Get Out Get Active dari Sport and Physical Activity University of Leeds! Program ini menawarkan jalan-jalan murah ke berbagai tempat di kisaran West Yorkshire tanpa ikatan. Kalau masih kurang juga, tidak ada salahnya untuk menjadi member Leeds University Union Hiking Club, yang juga rutin mengadakan Sunday, hingga weekend trip yang jangka waktunya bisa lebih dari satu hari! Untuk yang merasa terlambat, mereka punya membership yang hanya berlaku untuk satu semester kok, nggak rugi deh.

Jadi, tunggu apa lagi? Kenakan sepatu trekkingmu, bersiap untuk menghadapi tanah becek dan lumpur ala Britania Raya, nikmati indah dan hijaunya West Yorkshire!

Get Out Get Active
https://sport.leeds.ac.uk/sport/get-out-get-active/

Leeds University Union Hiking Club
http://www.luuhc.com/

 

Oleh:
Gabriella Alodia