Mencari Akomodasi Keluarga di Leeds (dan sekitarnya)

Selain dokumen keluarga yang harus disiapkan untuk hijrah ke Leeds, mencari akomodasi untuk keluarga juga bukan perkara yang mudah. Banyak sekali hal yang harus dipikirkan untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga, mulai dari jarak tempat tinggal ke kampus, ke sekolah anak, ke toko yang menjual kebutuhan pokok, tempat ibadah, dll. Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul. Mari kita bahas satu per satu..

Akomodasi = Jodoh?

Mendapatkan akomodasi yang sesuai dengan kondisi keluarga ibarat mencari jodoh. Selain faktor-faktor yang dapat diperhitungkan secara rasional, ada juga faktor lain yang hanya bisa dinilai oleh kita sendiri secara subjektif, dan mungkin ditambah juga dengan faktor keberuntungan. Pada akhirnya, kata ‘cocok’ adalah keputusan atas segala bentuk pertimbangan untuk mendapatkan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga.

Mencari akomodasi sejak di Indonesia atau setelah tiba di Leeds?

Seringkali muncul pertanyaan tentang dimana sebaiknya kita harus mulai mencari akomodasi? Apakah sebelum berangkat ke Leeds, ataukah setelah tiba di Leeds? Dua-duanya dapat dilakukan, tetapi sebelum memutuskan, ada baiknya kita melihat kelebihan dan kekurangannya berdasarkan pengalaman dari rekan-rekan yang pernah mengalami kegalauan yang sama.

Mencari akomodasi sejak di Indonesia

Tentu saja ini akan sangat memudahkan jika kita bisa langsung masuk “rumah” begitu tiba pertama kali di Leeds. Jika Anda hendak mencari akomodasi sejak di Indonesia, berikut adalah tips dan panduan yang dapat disimak agar Anda mantap saat melakukan proses pencarian hingga mencapai kesepakatan.
Pertama, pastikan Anda familiar atau mulai mempelajari istilah-istilah per-akomodasi-an dan membiasakan diri dengan Google dan GoogleMap karena aplikasi ini akan membantu Anda untuk mendapatkan gambaran tentang suasana lingkungan sekitar meskipun kita berada di Indonesia.
Kedua, gunakan situs pencarian akomodasi yang terpercaya dan pastikan mereka bersedia/menyediakan transaksi jarak jauh beda negara. Web akomodasi yang paling terpercaya adalah student accomodation yang disediakan oleh universitas tempat Anda kuliah: University of Leeds, Leeds Becket University, Leeds College of Art, Leeds Trinity University, atau University of Huddersfield. Ada satu website pengelola akomodasi yang bisa dipercaya karena lembaga ini memiliki kerjasama dengan universitas, yaitu Unipol, lembaga ini mengeluarkan standard Unipol Code dan menjadi panutan bagi lembaga2 pengelola akomodasi lainnya. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa website yang direkomendasikan oleh teman-teman untuk mencari akomodasi(urut abjad):

Ketiga, pastikan kontrak bisa dimulai sesuai dengan rencana kedatangan kita di Leeds. Sejak akhir bulan Mei sd. Juni aktivitas kampus mulai menurun karena Summer Term akan berakhir di sekitar pertengahan Juni, sehingga memang banyak sekali akomodasi yang berakhir masa kontraknya dan sejak bulan Juli sudah available untuk disewakan kembali, sementara itu tahun ajaran berikutnya baru akan dimulai pada Autumn Term, yaitu minggu ke-empat September. Oleh karena itu, pastikan kepada landlord / letting agent kapan Anda akan datang ke Leeds dan memulai kontrak akomodasi.
Keempat, jangan silau dengan harga murah dan pastikan bahwa lokasi akomodasi tersebut betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda dan keluarga. Pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • fasilitas, seperti: perabotan yang tersedia (kasur, mesin cuci dengan pengering/tidak, kulkas, microwave, water heater, dll), jendela double-glazed untuk menjaga rumah tetap hangat saat winter (menekan pengeluaran gas), jumlah lantai (faktor ini penting jika berencana untuk hamil atau memiliki anak kecil karena resiko jatuh), parkir sepeda/mobil, playground (jika akomodasi berupa flat biasanya menyediakan). Satu lagi, apakah harga sewa sudah termasuk bills (listrik-air-gas-telepon-internet).
  • jarak dan waktu tempuh antara lokasi tempat tinggal dengan kampus, sekolah anak, tempat ibadah, taman bermain, bus stop(s). Gunakan Google Map untuk mendapatkan perkiraan atas hal-hal tersebut.
  • jangkauan terhadap life support, misalnya pasar atau toko bahan makanan halal, klinik kesehatan (dikenal dengan nama ‘surgery’), dan supermarket. Sekali lagi gunakan Google Map untuk mendapatkan perkiraan.
  • Rencanakan sejak dini moda transportasi apa yang akan digunakan: berjalan kaki, bersepeda, transportasi umum (bus/taksi) atau mobil, jarang ditemukan penduduk lokal yang menggunakan sepeda motor. Rute bus yang beroperasi di Leeds sudah terintegrasi dengan Google Map sehingga trayek bus sudah dapat diperkirakan. Operator utama bus dalam kota di Leeds adalah First Bus.

Sudah menjadi hal yang umum jika tempat tinggal dengan harga murah biasanya terletak jauh dari kampus, sehingga akan muncul biaya transportasi, demikian pula untuk harga yang relatif mahal biasanya terletak di sekitar kampus dengan rata-rata waktu tempuh berjalan kaki kurang dari 5 (lima) menit.
Kelima, guarantor. Letting agent akan mewajibkan penjamin, namun hal ini tidak berlaku untuk akomodasi yang disediakan dan dikelola langsung oleh universitas. Beberapa letting agent ada yang menyediakan guarantor dan kita hanya diminta untuk membayar komisinya. Jika Anda tidak bisa mendapatkan guarantor yang memenuhi syarat, letting agent akan mewajibkan pembayaran uang sewa di muka untuk 6-12 bulan. Tentunya hal ini akan memberatkan bagi sebagian calon mahasiswa. Menurut pengalaman, pernah ada letting agent yang membolehkan guarantor adalah orang Indonesia yang telah dan masih tinggal di Leeds.
Keenam, pihak landlord / letting agent mayoritas memberlakukan wajib ‘viewing’ property sebelum proses kontrak dilakukan supaya calon penyewa mengetahui secara utuh kondisi fisik dan lingkungan di sekitar akomodasi. Bagaimana kita bisa melakukan viewing sementara kita sedang berada di Indonesia? Caranya adalah memanfaatkan GPS alias “Gunakan Penduduk Setempat”. PPI-Leeds akan menghimpun sukarelawan yang bisa menjadi perwakilan Anda untuk melakukan viewing. Perlu diketahui bahwa menjalani proses viewing ini tidak mudah karena Anda akan menjadi penghubung dua pihak: perwakilan Anda di Leeds dan lanlord/letting agent, dan, masing-masing memiliki kesibukan dan untuk undergraduate program ada yang pulang ke Indonesia karena sudah masuk masa liburan. Berdasarkan kondisi tersebut, sangat disarankan tips pertama, kedua, ketiga dan keempat sudah dijalani dan betul-betul ‘firm’ sebelum akhirnya melakukan viewing property.

Mencari akomodasi setelah tiba di Leeds

Mencari akomodasi pada saat Anda sudah tiba di Leeds akan mengurangi resiko negatif yang mungkin muncul jika Anda mencari akomodasi sebelum berangkat atau masih berada di Indonesia. Salah satunya adalah scam (penipuan). Berhubung lokasi yang beda negara, maka semua komunikasi dan transaksi dilakukan secara online. Ada resiko pelaku kejahatan berpura2 jadi landlord dan uang yang sudah ditransfer, tanpa Anda sadari, akan masuk ke rekening si pelaku kejahatan dan Anda tidak akan pernah mendapatkan akomodasi.
Kemudian, resiko positifnya apa? Untuk keluarga yang memang relatif lebih ‘kompleks’ dalam mencari akomodasi sangat disarankan untuk mencari akomodasi sementara terlebih dahulu di Leeds sambil berjuang mencari akomodasi yang cocok. Setiap tahun PPI Leeds akan mengedarkan layanan akomodasi sementara, yakni ikut tinggal di akomodasi sesama rekan Indonesia yang memiliki spare-room atau memang bersedia berbagi kamar. Berikut ini resiko positif dan beberapa tips jika mencari akomodasi setelah Anda sampai di Leeds:

  • Pertama, Anda bisa langsung mendatangi kantor letting agent yang alamat kantornya bisa didapatkan melalui website masing-masing agent. Saat letting agent mengetahui bahwa Anda sudah tiba di Leeds dan statusnya sedang ‘menumpang’ di akomodasi orang lain, maka peluang untuk mendapatkan tempat tinggal akan semakin tinggi.
  • Kedua, mempermudah proses viewing, karena Anda sudah berada di Leeds sehingga letting agent dan Anda bisa langsung saling kontak, tatap muka dan bisa langsung janjian untuk meninjau lokasi.
  • Ketiga, Anda bisa langsung membuat janji untuk mengunjungi calon sekolah anak bahkan langsung mendaftarkan sekolah untuk anak jika persyaratan sudah dipenuhi.
  • Keempat, tentunya lebih hemat karena Anda tidak perlu merogoh kocek lebih banyak untuk membayar sewa hotel atau airbnb karena dengan sarana akomodasi sementara akan jauh lebih murah atau bahkan gratis.
  • Kelima, dengan menumpang dulu di rumah salah satu warga, maka Anda akan lebih cepat mengenal Leeds dan berkehidupan di kampus karena bisa langsung berbagi pengalaman dengan warga Indonesia yang berada Leeds. Hal ini akan menghemat pikiran, tenaga, dan biaya.

Para warga Indonesia yang ada di Leeds tentunya sudah memahami dan pernah melewati kegalauan/masalah yang mungkin sedang dipikirkan/dialami, sehingga sudah seharusnya untuk saling membantu. Diharapkan untuk tidak sungkan dalam meminta pertolongan apalagi dengan kondisi yang jauh dari tanah air.

Berbagai pertimbangan sudah dibahas, pada akhirnya keputusan tetap berada di tangan Anda sekalian dalam menentukan apakah mencari akomodasi sejak masih di tanah air atau setelah tiba di Leeds.
Semoga artikel ini bisa membantu dan sampai jumpa di Leeds!

Oleh: Guntur Kusuma.