Transportasi

Sebagian jalan menuju pusat kota adalah termasuk nyaman jika dilalui dengan berjalan kaki. Selain sehat, jarak dan waktu tempuh juga relatif singkat dibanding kota-kota besar yang berpolusi udara. Namun, ada kalanya kita merasa lelah, buru-buru atau sedang membawa barang yang banyak atau berat sehingga transportasi umum adalah hal yang sangat berguna.

Bus adalah pilihan utama, selain jangkauannya yang termasuk luas, harga bus di dalam kota Leeds juga termasuk terjangkau apalagi mengingat beberapa jenis tiket yang ditawarkan untuk mendapat service maksimal dengan harga relatif murah. Untuk sekali perjalanan, harga tiket bus sekitar £0.5 – 2.0. Namun, ada pilihan seperti Day Rider Ticket atau Family and Friends Ticket, dimana dalam satu hari kita bisa bolak balik menggunakan bus dengan satu kali membayar saja. Informasi mengenai bus di dalam kota Leeds bisa dilihat di sini.

Taksi merupakan pilihan berikutnya jika lokasi yang kita jangkau masih dalam lingkup dalam kota dan jumlah orang yang pergi bersama berkisar 3-4 orang. Ada kondisi tertentu taksi jadi pilihan favorit pelajar di Leeds. Selain jumlah orang, kondisi cuaca yang tidak memadai, banyaknya barang, atau waktu kepergian dalam kondisi gelap (malam atau pagi buta). Sebagai kisaran, biaya menggunakan taksi dari universitas dan sekitarnya sampai Rail Station sekitar £4, jika sampai Coach/Bus Station sekitar £5, dan sampai Leeds Bradford Airport sekitar £20. Salah satu penyedia taksi favorit mahasiswa Leeds adalah Amber Cars, untuk lebih lengkapnya dapat dicek di sini. Sedikit tips, mereka juga menyediakan jasa booking melalui smart phone apps dimana ini memiliki antrian yang berbeda dengan antrian melalui telepon. Selain itu, ada fasilitas khusus untuk mahasiswa yang sedang tidak membawa uang. Kita bisa menggunakan Student Card untuk naik Ambers, lalu untuk mengambil kembali student card, kita harus membayar ‘hutang’ biaya perjalanan  terakhir di kampus.

Kereta merupakan pilihan favorit berikutnya jika menginginkan perjalanan keluar kota dengan nyaman dan cepat. Untuk lokasi di sekitar West Yorkshire, harga tiket tidak lebih dari £10 pulang-pergi. Diskon sebesar 33% diberikan jika kita merupakan pemegang Rail Card. Untuk ke kota yang jauh, menggunakan kereta memang lebih mahal dibandingkan bus, namun jika 3 bulan sebelumnya kita telah merencanakan kepergian, maka harga dapat lebih murah. Seperti ke London, dari harga £60 pulang-pergi, bisa menjadi £20 pulang-pergi jika memesan jauh hari sebelumnya. Untuk servis dari Manchester International Airport (MIA) menuju Leeds Rail Station, dari harga £22 sekali jalan, bisa menjadi £9 sekali jalan. Informasi mengenai kereta bisa dilihat di sini.

Rail Card

Selain Student Card, Rail Card adalah kartu sakti yang harus dibawa kemanapun. Kartu ini memberikan diskon sebesar 33% dari harga asli tiket kereta dan harus ditunjukkan bersama tiket kereta anda. Beberapa kriteria untuk dapat memiliki kartu ini: Student atau mereka yang berusia 16-25 tahun, mereka yang berusia lebih dari 60 tahun, juga untuk keluarga (syaratnya harus membawa anak). Lebih lanjut dapat dicek di sini.

Coach Card

National Express, bus yang melayani perjalanan jarak jauh juga memiliki fasilitas seperti Rail Card. Peraturan yang diterapkan kurang lebih sama dengan Rail Card. Untuk lebih jelasnya, dapat dicek di sini.