Tempat Menarik

Parkinson Building
Parkinson Building

Meskipun luas kota Leeds tidak sebesar Manchester apalagi London, Leeds tetap memiliki daya tarik tersendiri dari segi sightseeing, town centre and night life. Berikut beberapa attractions yang bisa dikunjungi di Leeds saat sedang jenuh dengan tugas kuliah, pekerjaan, atau di akhir pekan.

Leeds Art Gallery

Leeds Art Gallery
Leeds Art Gallery

Tidak perlu menjadi penggemar Pablo Picasso atau pelukis lainnya untuk menikmati eksibisi benda seni di Leeds Arts Gallery. Berbagai patung, pahatan, lukisan dan artefak seni lainnya dipajang di dalamnya dengan biaya masuk gratis! Kunjungi juga coffee shop di dalam Leeds Gallery dimana Anda bisa menikmati pemandangan ke luar gedung. Jadwal pameran dapat dilihat langsung di official website mereka.

Museum Royal Armouries

Armouries Drive, Leeds, LS10 1LT
Armouries Drive, Leeds, LS10 1LT

Untuk kamu yang suka sejarah, Royal Armouries tentunya tidak boleh dilewatin untuk dikunjungi. Museum ini berisi alat-alat persenjataan perang jaman dulu, kostum perang plus perlengkapannya lengkap! Oh, untuk kamu yang suka dengan baju zirah alias baju perang yang dari besi itu, Royal Armouries harus dikunjungi karena koleksinya keren-keren banget.

Royal Armouries ini buka setiap hari dari jam 10.00 – 17.00. Tenang, untuk masuk ke museum ini gratis biaya masuk kok ;) Untuk sampai ke Royal Armouries, kamu bisa jalan kaki sekitar 10
menit dari Leeds Bus Station atau naik bis nomor 28 dari city center.

Armouries Drive, Leeds, LS10 1LT

Roundhay Park

roundhay_park

Inggris identik dengan tamannya yang besar dan nyaman untuk dikunjungi bareng keluarga atau orang-orang terdekat. Nah, salah satu taman yang nyaman untuk dikunjungi di Leeds itu Roundhay Park. Roundhay Park itu taman yang super besar dan juga punya berbagai spot yang bisa dinikmati segala usia,; taman, kafe, danau, canal gardens, butterfly gardens dan mansion house (yang sekarang bisa dipakai untuk venue berbagai acara). Roundhay Park sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka jalan-jalan santai, baca buku di taman, atau duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan.

Roundhay, Leeds, LS8 4AR

City Centre

Shopping Mall Leeds City Centre
Shopping Mall Leeds City Centre

Kamu kelupaan bawa barang dari rumah? Tinggal pergi ke city center, semua barang yang mau kamu cari pasti ada :D Di Leeds City Center, kamu bisa menemukan semua hal dari mulai apotek, supermarket, mini market, lots of branded stores (zara? ada! topshop? pastinya! marks & spencers? ada dong! dan masih banyak lainnya!), pasar tradisional, makanan-makanan enak, toko elektronik, chinese supermarket, thailand supermarket, dan banyak lainnya.
Oh iya, di pasar tradisional alias Leeds Kirkgate Market, kamu bisa mengunjungi booth pertama Marks & Spencer yang belum berubah dari pertama mereka buka lho ;)

Tidak seperti di Indonesia, City Center disini konsepnya terbuka dan bukan di dalam mall, jadi enak untuk dipakai jalan-jalan santai sambil cuci mata plus window shopping :p

Jangan lewatkan juga pertunjukan seniman jalanan setiap akhir pekan, tentunya 10-50p bukanlah jumlah besar untuk Anda masukkan ke kotak di depan para seniman tersebut.

Leeds Kirkgate Market

Leeds Kirkgate Market
Leeds Kirkgate Market

Bila butuh bahan-bahan masakan seperti sayuran, daging, seafood dan buah-buahan, maka disinilah tempat para warga Leeds berbelanja. Leeds Kirkgate Market cukup bersih dan nyaman untuk berbelanja. Barang-barang yang dijual dijamin lebih murah dan segar. Selain bahan makanan, disana kita juga dapat menjumpai tempat makan, baju-baju, elektronik bahkan pangkas rambut.

Elland Road Stadium

elland_road

Penyuka sepak bola pasti ngga mau melewatkan kunjungannya ke stadion ini. Sebagai tim legendaris (dan salah satu rival terbesarnya Manchester United di tahun 60/70an!), stadion ini bersejarah banget untuk Leeds United dan penduduk kota Leeds. Disini kamu bisa ikut tour keliling stadium dan mampir ke souvenir
shop untuk beli pernak-pernik Leeds United.

Elland Road, Leeds, LS11 0ES

Kirkstall Abbey

Untuk kamu yang suka dengan sejarah atau suasana Inggris abad pertengahan, Kirkstall Abbey wajib ada di list jalan-jalan kamu di Inggris. Kirkstall Abbey adalah salah satu reruntuhan biara peninggalan Inggris abad pertengahan terlengkap yang sekarang dilindungi oleh English Heritage sebagai Scheduled Ancient
Monument.

Kirkstall Abbey buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai jam 10.00 – 16.00. Untuk sampai kesini, kamu bisa naik bis nomor 33, 33A atau 757 dari city center ke Kirkstall Road.

Kirkstall, Leeds, LS5 3EH

Town Hall

town-hall

Rasanya ngga lengkap ke Leeds kalau belum foto di depan Town Hall. Town Hall ini adalah salah satu landmark utama kota ini. Basically, Town Hall adalah gedung besar dengan menara berbentuk jam dengan kubah diatasnya yang elegan. Town Hall ini sering dipakai untuk tempat pagelaran musik orchestra atau paduan suara. Untuk sampai di Town Hall, kamu bisa sampai dengan jalan kaki sekitar 5 menit dari City Center.

The Headrow, Leeds, LS1 3AD