Musik

Di daratan UK, skena musik di kota Leeds tergolong yang paling ‘hidup’ . Banyak artis ternama yang berasal dari Leeds, sebut saja Chumbawamba, Kaiser Chiefs, The Music dan Corinne Bailey Rae. Namun mayoritas skena musik di kota ini dihuni oleh artis-artis lokal yang bermain di venue-venue kecil.

Mayoritas band dan artis dunia yang sedang tur di UK, hampir dipastikan mempunyai tanggal show di Leeds. Apapun genre musik kesukaanmu, Pop, Rock, Metal, Punk, Jazz, Hip-hop, Dance bisa dipastikan terakomodir karena semua jenis musik mempunyai ‘spot’ masing-masing.

Leeds mempunyai banyak venue musik yang memadai (bahkan tidak jarang di venue dalam kampus), Leeds University refectory, Leeds Metropolitan University, The Cockpit, Brudenell Social Club, The Fenton. Untuk skala yang besar, kota ini mempunyai O2 Academy yang berkapasitas 2,300 penonton dan First Direct Arena yang berkapasitas 12,500. Bahkan, beberapa kali acara berskala besar (dengan megaartis Madonna, U2, Michael Jackson dan The Rolling Stones) diselenggarakan di Roundhay Park.

Namun, yang tidak bisa dilupakan dari skena musik di kota Leeds adalah penyelenggaraan festival terbesarnya, Leeds Festival. Acara yang selalu berpasangan dengan Reading Festival ini, dimulai dari tahun 60an. Tahun 70an, festival ini menjadi kandangnya blues dan hard rock. Setelah 2000an ke atas, festival ini berekspansi dengan menampilkan artis-artis dunia dari berbagai genre.

Jadi, bila Anda pecinta musik, tidak perlu khawatir dengan skena musik di Leeds. Apapun jenis musiknya, hampir dipastikan akan selalu ada acara menarik yang akan sangat sayang bila dilewatkan.