Layanan Kesehatan

Masalah kesehatan tentu merupakan hal utama dalam menunjang keberhasilan kita dalam menempuh pendidikan. Apalagi kita sedang berada di negara yang berbeda dengan sistem dan segala sesuatu yang berbeda pula. Oleh karena itu layanan kesehatan sebaiknya dimasukkan dalam prioritas utama setelah kita sampai di Leeds.

Layanan kesehatan di Leeds (atau UK pada umumnya) dikenal dengan nama National Health Service (NHS). Untuk mendapatkan layanan tersebut, kita wajib mendaftarkan diri dan mendapatkan NHS number sebagai nomor identifikasi yang berlaku secara nasional. Nomor identitas ini digunakan untuk merekam dan menyimpan seluruh aktivitas dan riwayat kesehatan kita selama berada di UK. Saat kita memerlukan layanan kesehatan namun sedang berada di luar Leeds, data kita tetap dapat diakses oleh dokter yang sedang menangani saat itu. Kelebihan dari NHS ini adalah: gratis layanan konsultasi dengan dokter/GP, obat secara umum diberikan gratis meskipun ada obat yang tetap harus dibayar (tergantung dari diagnosis dokter). Khusus untuk bayi dan anak-anak, layanan NHS sepenuhnya gratis (termasuk obat-obatan, imunisasi/vaksinasi, dan layanan dokter gigi). Sebagai info tambahan, untuk layanan dokter gigi bagi pasien dewasa tetap dikenakan biaya.

Lokasi Pendaftaran

Secara umum, semua mahasiswa beserta dependant(s) sangat dianjurkan untuk mendaftarkan diri di pusat layanan kesehatan yang terdekat dengan tempat tinggal. Tentu saja untuk memudahkan kita dalam mengakses layanan kesehatan dari sisi jarak dan waktu tempuh.
Pendaftaran bisa dilakukan di “Surgery”, ini bukan berarti tempat operasi tetapi sebutan untuk ‘puskesmas’. Surgery merupakan tempat praktek dokter (dikenal dengan sebutan ‘GP’ atau general practitioner) dan petugas kesehatan. Layanan yang diberikan tentu saja konsultasi medis (periksa), imunisasi/vaksinasi, konsultasi, dll.

Bagi mahasiswa dan dependant(s) yang tinggal di akomodasi kampus, pendaftaran dapat dilakukan di booth yang telah disediakan pada saat registrasi fisik. Lokasi booth biasanya terdapat di LUU (Leeds University Union) dan berada di dalam lingkungan kampus. Lokasi surgery yang terdekat dengan lingkungan kampus adalah Leeds Student Medical Practice (The Leeds Student Medical Practice).

Syarat Pendaftaran

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kita bisa melakukan pendaftaran, yaitu:

  • Alamat akomodasi/tempat tinggal
    • NHS memerlukan document yang mencantumkan alamat jelas tempat tinggal kita. Dokumen yang perlu dibawa dapat berupa (pilih salah satu): dokumen kontrak tempat tinggal, surat tagihan listrik/air/gas/internet/TV kabel, surat lain yang dikirimkan oleh instansi/perusahaan resmi seperti bank, perpustakaan, asuransi, city council.
  • Nomor telepon yang dapat dihubungi
  • Foto kopi paspor
  • Khusus untuk bayi/anak-anak wajib menyertakan riwayat imunisasi

Leeds-Student-Medical-Practice

Cara Pendaftaran

Cara mendaftarnya cukup mudah, cukup datang ke surgery sampaikan ke resepsionis bahwa kita ingin mendaftar. Kita akan diminta mengisi formulir (sekitar 3-4 lembar) dan diserahkan kembali resepsionis. Prosesnya perekaman data memakan waktu sekitar beberapa hari, dan setelah berhasil, kita akan mendapat konfirmasi melalui SMS / email / surat yang berisi NHS number dan konfirmasi bahwa kita sudah terdaftar di NHS sehingga kita bisa mendapatkan semua layanan dari NHS.

Sama seperti pendaftaran di Surgery, pendaftaran di booth LUU juga akan diminta mengisi formulir dan kita diminta untuk menunggu konfirmasi pendaftaran dari NHS.

Bagaimana kalau kita ingin periksa?

Jika kita ingin konsultasi dengan dokter/GP, kita wajib melakukan appointment terlebih dahulu dan hadir tepat waktu pada hari dan jam yang telah disepakati. Secara umum, masing-masing surgery diperbolehkan membuat kebijakan sendiri. Beberapa surgery menyediakan layanan ‘walk-in/drop-in consultation’ atau periksa tanpa appointment, biasanya dilakukan pagi hari pukul 7-8. Ada juga surgery yang menerapkan ‘same day appointment’, untuk bisa mendapatkan layanan ini kita harus menelpon jam 8 pagi.

The Leeds Medical Practice mempunyai sistem yang disebut ’same day appointment’ dari Senin hingga Jumat jam 08:30 sampai jam 15:00, sehingga kita bisa langsung diperiksa dengan suster atau dokter saat hari itu juga tanpa membuat jadwal terlebih dahulu. Kita tinggal mengisi form kuning di pintu masuk, berikan form tersebut ke resepsionis dan sampaikan kalau kita memerlukan layanan ‘same day appointment’. Karena tempat yang terbatas (200 pasien per hari) sebaiknya datang lebih awal, karena selain untuk memastikan “jatah” periksa, waktu tunggunya pun lebih cepat. Menurut pengalaman penulis, jika datang agak sore maka, waktu tunggunya bisa mencapai 2 jam.

Apakah kita boleh membatalkan appointment?

Jawabannya adalah ‘tidak’. Namun jika terpaksa harus batal, sampaikan pembatalan paling lambat sehari sebelum jadwal yang telah ditentukan. Pembatalan di hari yang sama dengan jadwal akan dianggap pembatalan tanpa keterangan atau disebut dengan DNA (Do Not Attend) dan akan berakibat diberikan sanksi. Sanksi berupa penghapusan NHS number dari surgery tempat kita mendaftar, diberikan jika terjadi DNA sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut. Artinya kita tidak bisa lagi periksa di surgery tersebut dan harus mencari surgery alternatif tentunya dimulai lagi dengan proses pendaftaran.
Jika pasien adalah anak-anak dan aktif bersekolah, maka biasanya akan dicarikan jadwal setelah jam sekolah selesai (di atas pukul 3 sore). Namun, jika terpaksa maka orang tua wajib memintakan izin untuk meninggalkan sekolah sejenak untuk periksa ke dokter dan kembali lagi ke sekolah setelahnya (jika dokter mengizinkan si anak untuk melanjutkan aktivitas sekolah).

Perlu dipahami bahwa NHS menganggap ‘Do-Not-Attend’ sebagai suatu hal yang sangat serius. Oleh karena NHS ini bersifat gratis, maka harus dapat dirasakan seoptimal mungkin sehingga pembatalan appointment dianggap sebagai menghalangi hak orang lain yang (mungkin) lebih membutuhkan layanan kesehatan. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk bijak dalan merencanakan jadwal konsultasi/periksa dengan dokter/GP.

Bagaimana proses konsultasi/pemeriksaan terjadi?

Pemeriksaan di surgery secara umum akan dimulai dengan lapor kedatangan. Proses ini bisa dilakukan dengan cara lapor ke petugas resepsionis atau dengan menggunakan sistem bagi surgery yang memiliki fasilitas ini, yakni dengan memasukkan data nama/tanggal lahir atau sesuai yang diminta oleh sistem. Tujuan dari proses lapor ini adalah untuk memberitahukan ke dokter/GP bahwa kita sudah hadir di lokasi. Proses berikutnya adalah menunggu dalam antrian sampai nama kita dipanggil untuk menemui dokter/GP. Setelah selesai konsultasi, jika diperlukan, kita akan diberikan resep untuk ditebus di pharmacy. Tidak semua surgery memiliki fasilitas pharmacy di dalam gedung. Jika tidak memiliki, biasanya tidak jauh dari lokasi surgery akan ada pharmacy berbentuk toko/kios.

Saat pemeriksaan di The Leeds Student Medical Practice, biasanya kita akan diperiksa dulu oleh suster, bila penyakit dianggap minor maka keperluan obat dan lain-lain akan diberikan oleh suster. Jika susternya menganggap penyakit kita agak serius maka kita akan disambungkan ke dokter. Bila perlu, akan dilakukan tes darah. Namun semuanya tetap tidak dipungut biaya. Sedikit catatan, pasien tidak dapat memilih seorang dokter atau suster, tapi kita diperbolehkan untuk memilih untuk diperiksa dokter laki-laki atau perempuan.

Untuk info lebih lanjut tentang The Leeds Student Medical Practice bisa langsung hubungi nomor 0113 295 4488, atau langsung datang di alamat berikut:

Leeds Student Medical Practice
4 Blenheim Court
Blenheim Walk
Leeds
LS2 9AE