Biaya Hidup

Banyak yang bilang biaya hidup di UK itu mahal. Jawaban yang paling klasik sih: “Tergantung gaya hidup lo.” Gaya hidup memang memegang peranan penting dalam pengeluaran bulanan kalian, tapi ada yang lebih penting lagi, yaitu pilihan kota tempat kita belajar. Walapun kota terbesar ke tiga setelah London dan Manchester di Inggris, Leeds terkenal sebagai kota yang murah. Paling mudah dibayangkan, Leeds itu seperti Yogyakarta-nya Inggris. Lokasi kampus terletak tidak jauh dari pusat kota. Otomatis biaya hidup pun mengikuti dinamika ini. Bahasa praktisnya, “harga pelajar” semua.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah kisaran harga dari kebutuhan paling pokok sampai kebutuhan untuk berlibur (work hard play hard dong). Di-update tanggal 9 Maret 2018.

Item

Kisaran Harga untuk Sendiri

Kisaran Harga untuk Keluarga

Akomodasi(including bill)

£ 350 – £ 650 per bulan

Biaya hidup untuk akomodasi bisa sangat ringan jika kita mau share dengan orang lain. Biaya sewa semakin murah jika lokasi semakin menjauh dari kampus.

£ 600 – £ 800 per bulan

Harga rumah sangat bergantung dari jumlah kamar, tapi umumnya £500 sudah cukup memadai.

Biaya belanja makanan

£ 50 – £ 75 per bulan

Jika kita mau rajin masak, biaya makan per bulan sangatlah murah. Dua pusat perbelanjaan favorit kita adalah Market (pasar) dan Morison (semacam Carrefour).

£ 100 – £ 250 per bulan

Biaya makan keluarga memang tergantung dari jumlah keluarga yang dibawa, tapi bertambah satu atau dua orang, umumnya tidak terlalu signifikan untuk biaya makan.

Biaya makan ke luar

£ 2 – £ 10 satu porsi untuk satu orang

Beruntung tinggal di Leeds. Dengan harga yang cukup murah, kita bisa mendapat porsi dengan kuantitas memuaskan. Di beberapa lokasi, student id card juga sangat powerful untuk mendapat berbagai diskon.

*biaya tergantung jumlah orang*

Mungkin untuk beberapa kasus, jika anak yang dibawa masih berusia di bawah 10 tahun, maka mungkin 1 porsi makan bisa untuk dua anak.

Transportasi dalam kota 

£ 1 – £ 2 untuk perjalanan pulang-pergi

Transportasi di dalam kota umumnya menggunakan bus, namun city centre dapat ditempuh dengan berjalan kaki 15 menit dari kampus.

£ 2 – £ 3 per orang (pulang pergi)

Jika menggunakan First bus, maka ada penawaran tiket Family and Friends, dimana seharga £ 7.8 untuk digunakan hingga 5 orang dapat menggunakan bus dalam sehari

Transportasi antar kota sekitar

£ 3 – £ 6 untuk perjalanan pulang-pergi

Jika masih dalam wilayah West Yorkshire, maka bisa menggunakan tiket terusan seharga £ 11 untuk 2 orang dimana kita bisa menggunakan tiket tersebut untuk bus dan kereta selama satu hari.

*biaya tergantung jumlah orang*

Namun, akan banyak kemudahan bagi keluarga atau rombongan ketika bepergian. Potongan seperti transportasi dalam kota Leeds tersebut juga berlaku di berbagai fasilitas transportasi di seluruh UK.

Biaya Nonton

£ 7.5 dengan Student ID Card

Kartu pelajar adalah kartu sakti, bawalah selalu kemanapun. Pada hari tertentu terdapat promo buy-one-get-one-free.

£ 3 – £ 5 per anak

Ada hari khusus dimana pemutaran film anak dapat ditonton dengan harga murah.

Nursery/

Sekolah anak

£ 8 – £ 10 per jam untuk nursery

Gratis untuk sekolah hingga high school

Namun, untuk anak usia 5 tahun, bisa mengikut nursery gratis untuk 2 hari dalam seminggu.

Demikian kurang lebih biaya hidup di Leeds. Sesuai peraturan UKBA, biaya hidup yang harus kita miliki selama sebulan di luar London adalah £ 800 per bulan. Berdasarkan pengalaman, biaya hidup tersebut lebih dari cukup. Bahkan sudah mencakup leisure cost, terutama jika kita bisa merencanakan dengan baik setiap aktivitas kita dari jauh hari, tahu hari-hari apa saja atau waktu-waktu tertentu toko-toko memberi diskon, maka hidup di Leeds sungguh sangat menyenangkan. Selamat mencoba!