Akomodasi

carlton

Bagi para pelajar yang akan menempuh perjalanan kemahasiswaan di kota Leeds, akomodasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Menemukan tempat tinggal yang nyaman, aman dan terjangkau bukanlah hal sulit, namun tetap butuh ketekunan dan kecermatan dalam menentukan pilihan. Berikut adalah pilihan akomodasi yang tersedia baik in-campus maupun off campus (private).

Campus Accomodation

Tinggal di akomodasi kampus memudahkan para mahasiswa dalam mengurus segala keperluan billing seperti kontrak rumah, tagihan listrik-air-gas, biaya keamanan, dan tentunya kemudahan dalam menerima paket dalam ukuran besar. Selain berisikan mahasiswa dari satu universitas tertentu, akomodasi kampus juga memastikan kenyamanan tinggal karena alokasi kamar biasanya disesuaikan dengan level pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa (masters akan tinggal di area masters). Berikut beberapa akomodasi kampus yang disediakan oleh Universitas-universitas besar di Leeds, University of LeedsLeeds Beckett UniversityLeeds College of Art.

Private Accomodation

Biaya lebih murah dan jarak yang kadang lebih dekat ke kampus, private accommodation juga bisa jadi alternatif para pelajar dalam mencari tempat tinggal. Pastikan keamanan dan kredibilitas agent yang akan menyediakan kontrak rumah, maka tinggal di private accommodation tidak kalah seru dan menyenangkan dibanding tinggal di student accommodation. Berikut beberapa agent yang biasa menangani kontrak akomodasi para pelajar dan non-pelajar di Leeds;

Ulasan Akomodasi

PPI Leeds telah merangkum ulasan akomodasi-akomodasi yang diberikan secara sukarela oleh warga Indonesia di Leeds. Anda bisa cek satu per satu di halaman website kami, atau unduh seluruh rekap Berikut daftar lengkapnya:

Ulasan Akomodasi Kampus (Daftar)

Ulasan Akomodasi Privat (Daftar)

Jangan ragu untuk konsultasi dengan pihak kampus mengenai keamanan dan cara-cara bertransaksi akomodasi dengan pihak swasta. Ingat selalu bahwa viewing property adalah sepenuhnya hak calon penghuni yang tertarik pada suatu rumah atau tempat.

Tips

Berikut tips oleh Dalila Yunardi (PPI Leeds 2012/2013) dalam memburu akomodasi;

  1. Jika anda sudah tahu alamat lengkap kampus anda dan tempat tinggal/akomodasi anda di Leeds, alangkah baiknya untuk mengecek tempat tersebut menggunakan fasilitas Google Maps. Masukkan saja alamat lengkap beserta kode pos to and from dan Google Maps akan menunjukkan kira-kira seberapa jauh tempat tinggal anda dengan kampus dan vice versa.
  2. Jika finansial anda memungkinkan, sebaiknya anda booking akomodasi anda dari Indonesia, biasanya tiap-tiap akomodasi meminta deposit untuk memastikan anda akan tinggal di akomodasi tersebut.
  3. Jika finansial anda tidak memungkinkan, anda bisa datang terlebih dahulu ke Leeds, hubungi beberapa warga PPI Leeds yang mempunyai kamar kosong untuk anda tinggali selama anda mencari akomodasi di Leeds, kadang-kadang lebih baik kita lihat situasi dan kondisi di Leeds sebelum memilih akomodasi.
  4. Jika tidak ingin tinggal sementara dengan keluarga PPI Leeds atau kamar kosong sudah penuh, anda bisa booking Guest House atau hotel murah sepanjang jalan Woodsley Road, bisa dibooking langsung online, dan Woodsley Road lumayan dekat dengan University of Leeds dan Leeds Beckett University (d/h Leeds Metropolitan University).
  5. Yang perlu diingat adalah, jika anda sudah menandatangai kontrak, anda akan bertanggung jawab penuh untuk tinggal di akomodasi yang sudah ditandatangani tersebut sesuai durasi yang disepakati.

Bila masih ada yang ingin ditanyakan atau dikonsultasikan silahkan kirim email ke kami via contactus@ppi-leeds.com atau join grup Facebook kami (https://www.facebook.com/groups/PPI.Leeds) untuk bertanya langsung ke warga Indonesia di Leeds.

Selamat berburu akomodasi!