LUBS Best Dissertation Award 2017

Yuk simak sesi Q & A bersama alumni Leeds University Business School (LUBS) tahun 2017, Sherylin Tierza M. Sirait, S.E, M.Sc. yang menceritakan pengalamannya dalam menempuh studi dan disertasi hingga berhasil memenangkan “The Best Dissertation Award”! Saking kerennya award ini, namanya sampai digrafir permanen di piala! Berikutnya pasti giliran kamu!

Piala Sherylin

Q: Bagaimana perasaan Kakak saat nama Kak Sherylin diumumkan sebagai penerima award “the best dissertation”?

Perasaan yang paling dominan sih kaget ya, ada kali 10menitan cuma ngomong “hah? What? Lah kok bisa?” Hahaha sampe sampe lupa bersyukur sama Tuhan. (ini kalau yg dimaksud saat nerima pemberitahuan)

Bangga, terutama dipanggil untuk menerima award di depan orang tua yang mudah-mudahan bikin mereka turut bangga J (ini kalau yang dimaksud pada saat dipanggil di award ceremony)

Award Sherylin 01

Q: Apakah Kak Sherylin sudah mempunyai target untuk memenangkan award ini?

Sama sekali ga masang target apapun. Aku gak punya prestasi akademik sebelumnya, dan bisa dibilang aku termasuk dalam kategori student yang “cari aman”. But i must say, i did give more effort than i usually did in the past in terms of “academic thing”. In my case, aku memang sudah tertarik sama topiknya sejak kuliah S1 dan kebetulan ada background work experience around that topic, which I guess really helped me a lot.

Q: Apa motivasi terkuat yang Kakak miliki saat itu sehingga bisa menyelesaikan studi dengan prestasi yang baik?

Motivasi terkuat saat itu sih udah pasti keinginan untuk lulus. Nah karena aku sekolah master kemarin dibiayai oleh orangtua, rasa pengen bikin mereka bangga juga motivasi yang cukup canggih buat aku.

Q: Apa tantangan terberat yang Kakak alami saat mengerjakan disertasi?

Yang pasti rasa males dan rasa ngantuk! Hahaha. Pokoknya apapun bisa jadi godaan selama disertasi. Jangankan jalan2 atau liburan, even bengong aja pun bisa lebih menyenangkan daripada duduk diem di cluster/ library sambil mikir.

Q: Pernahkah mengalami demotivasi saat mengerjakan disertasi? Bagaimana cara mengatasinya?

Pastinya punya momen demotivasi. Kalau aku sih demotivasi pada saat aku harus mulai olah data menggunakan SPSS. Mungkin timing nya emang pas aku kalah sama rasa males dan jenuh juga, yang bikin aku stuck selama 2 minggu cuma untuk mengerti bagaimana cara nyiapin dan ngerapihin data yang sebenernya se-simple itu. Cara mengatasinya? Inget lagi motivasi kita sekolah itu apa dan sadar kalo waktu gak akan berhenti untuk nunggu kamu mood lagi :)

Q: Apa saja peran/ kontribusi supervisor dalam proses penyusunan disertasi?

Di jurusanku, kita dikasih kesempatan untuk memilih supervisor and guess what? Aku ditolak sama supervisor pilihan aku hahaha. Dan malah diassign ke supervisor yang sama sekali gak aku pengen. Tapi in the end aku malah bersyukur banget dapet beliau as a supervisor karena dia bener-bener “ngebimbing”, dan even mau telfonan waktu dia liburan untuk jawab pertanyaan2 aku. I can say aku cukup beruntung dalam pembagian supervisor dan beliau bener2 berperan bgt dalam merampungkan ide-ide yang vague dan berlebihan hehe. He kept me on the right track.

Q: Bagaimana cara Kakak menjaga mood atau momentum untuk bisa memiliki konsentrasi saat mengerjakan disertasi?

Menurut aku sih hampir tidak mungkin untuk terus konsentrasi waktu ngerjain disertasi. Tapi yang perlu di bold and underlined to keep you going adalah you need this to graduate, ga ada pilihan lain. Supaya gak stress-stress amat, balancing main bareng sama temen-temen lah. Even karaokean dari youtube rame-rame itu ngebantu banget! Oiya, kalau aku kemaren punya beberapa orang yang sering janjian ngerjain bareng. And it’s necessary to be with those who push you forward.

Q: Apa pelajaran/pengalaman paling berharga yang Kakak dapatkan selama menjalani proses perkuliahan di University of  Leeds?

Aku belajar bersyukur untuk kesempatan yang gak semua orang bisa dapet. Kesempatan untuk bisa mengalami berbagai budaya dalam satu waktu dan belajar dari pengalaman itu. Dari rasa kangen rumah aku belajar makin bersyukur sama negara kita sendiri, sama orang-orangnya yang punya budaya tolong menolong dan pada dasarnya peduli satu sama lain. Aku juga makin yakin kita gak kalah kece dari orang-orang dari negara maju kok, we just need to be more confident, jangan takut salah melulu terutama dalam belajar.

Q: Adakah tips-tips yang bisa dibagikan untuk teman-teman yang sedang/ akan berjuang menulis disertasi?

  • Find what topic you are really interested in and combine it with your know how.
  • Talk to your friends to brainstorm not to be insecure about their progress.
  • Keep writing even though you think it’s a complete nonsense. In the progress of modifying it to make it more make sense, you’ll find what you mean exactly
  • Measure your capability and manage your time, find your own formula to work it out
  • Go ahead and ask your supervisor, they get paid to help you! J
  • Remember to pray ;)

Award Sherylin 02

Q: Playlist saat mengerjakan disertasi?

Wah, I made my own playlist, mostly upbeat songs, mainly Korean hip-hop and RnB to keep me awake ;) one Indonesian playlist yang sering aku dengerin judulnya “Karaoke di Mobil” in Spotify. Makes you sing along, not recommended in library and cluster tho! :D

Q: Motivational quote?

“Just keep swimming” – Dory

 

(Dokumentasi: pribadi)