IndoFair 2017

Pada tanggal 1 Maret 2017, PPI Leeds berkesempatan untuk berpartisipasi di World Unite Festival (WUF) 2017 yang diselenggarakan oleh Leeds University Union (LUU). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan keragam budaya mahasiswa University of Leeds sekaligus sebagai ajang silaturahim bagi para warga Indonesia yang tergabung dalam wadah PPI Leeds.

IndoFair17-01
Pada WUF tahun ini, PPI Leeds mengadakan acara yang diberi nama Indonesian Fair 2017, kegiatan ini diisi dengan pameran budaya Indonesia, mulai dari perkenalan angklung sebagai alat musik tradisional Indonesia sampai makanan khas Indonesia.
Indonesian Fair 2017 diselenggarakan di Riley Smith Theatre, Leeds University Union Building dan menyajikan 4 (empat) showcase yang penuh dengan hiasan dan dekorasi ala Indonesia, termasuk iringan musik bertema Indonesia. Showcase pertama adalah perkenalan musik Indonesia dengan menggunakan angklung, disini para pengunjung dapat mencoba menggunakan angklung dan dapat pula mencoba memainkan lagu ‘Twinkle-twinkle Little Star’ atau lagu dari group band The Beatles, ‘Yesterday’. Di showcase kedua terdapat papan mewarnai batik dan juga arena permainan tradisional. Permainan tradisional yang dilakukan adalah lomba memasukkan sedotan kedalam botol (tidak menggunakan paku karena mengikuti standar keamanan LUU) dan juga lomba balap kelereng.

IndoFair17-02

IndoFair17-05
Yang menarik di Indonesian Fair 2017 ini adalah showcase ketiga, dimana PPI Leeds menyajikan pameran foto yang memperkenalkan budaya serta menampilkan kondisi Indonesia secara nyata. Pada pameran foto ini, konten budaya Indonesia dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan lokasi dimana foto itu diambil, yakni Indonesia bagian barat, tengah dan timur. Di showcase ini juga ditampilkan infografis yang menunjukkan fakta dan ‘kekinian’ di Indonesia menggunakan ilustrasi kreatif.

IndoFair17-03

Di pos terakhir, terdapat booth makanan tradisional dimana pengunjung dapat mencicipi seblak, tahu bakso, bubur sumsum, bubur candil, lupis dan cireng. Selain makanan ada juga pernak-pernik khas Indonesia yang dipamerkan dan dijual, yakni berupa pernak-pernik khas Indonesia, seperti gelang, kalung, pembatas buku, dan gantungan kunci.
Menjelang pintu keluar, pengunjung diberi kesempatan untuk berfoto di photobooth yang dihias dengan latar kain batik dan kain bermotif khas tradisional Indonesia. Selain itu PPI Leeds juga menyediakan pakaian tradisional yang dapat dikenakan oleh para pengunjung untuk berfoto sebagai kenang-kenangan.

IndoFair17-04

Ditulis oleh Tim Seni Budaya PPI Leeds
Editor Guntur